PENGARUH KUALITAS LAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BANK BNI KANTOR KAS BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO
Keywords:
mobile banking quality, customer’s loyalityAbstract
The use of the mobile banking facilities provided by the branch office is not very attractive for them to use. So far, the transactions they often do are debit and credit. It is very rare for them to make transactions such as inter-bank transfers through mobile banking applications. In addition, not all areas in Baureno District have the same good internet network quality. The purpose of this study was to determine the effect of the quality of mobile banking services significantly on customer loyalty at Bank BNI Baureno Cash Office, Bojonegoro Regency. This research is a quantitative research with associative technique. The population of this research is BNI customers in the Baureno District area who have mobile banking accounts totaling 1200 people where the number is reduced through the Slovin formula to 92 respondents. The data analysis technique used in this study is a simple linear regression analysis technique. The results of this study are the quality of mobile banking services has a significant effect on customer loyalty at Bank BNI, Baureno Cash Office, Bojonegoro Regency.References
Al Arif, M. Nur Rianto. 2010. Dasar-dasar Pemasara Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Anom, L., & Safii, A. A. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan dan Revisit Intention Pengunjung Wisata Alam di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi, 14(2), 144-151.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Faruq, Umarul. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris pada PT. Patra Jaya Humairah Surabaya).” Universitas Islam Negeri Maulana Malikibrahim Malang.
Herlambang, Admaja Dwi, dan Arimbi Dewayanti. 2018. “Minat Nasabah Dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking.” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia 12(01): 48–55.
Herliyansyah, Riny. 2018. “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pengguna Go-Jek di Sleman).” Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Imelda, Sri. 2019. “Pengaruh Kualitas Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BRI KCP Kayu Tangi Banjarmasin.” Jurnal Intekna
(2): 101–9.
Kasmir. 2014. Manajemen Perbankan. Edisi Revi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Lupiyoadi, Rambat. 2010. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Maulana, Rian. 2018. “Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Terhadap Minat
Nasabah Dalam Bertransaksi Menggunakan Technology Acceptance
Model.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 2(2): 146–55.
Panjaitan, Januar Efendi. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung.” Jurnal Manajemen 11(2): 265–89.
Pratama, Adi. Saleh, Fadli Moch. Zahra, Femilia. Afdhalia, Nadhira. 2015. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Empiris pada Nasabah Perbankan Konvensional di Kota Palu).” Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel, Objektif 2(1): 123–27.
Safii, A. A., & Rahayu, S. (2021). Human Capital and Social Capital as Determining Factors of The Msmes Surviving Ability. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 5(1), 1-19.
Simanjuntak, Priskila Theodora. 2016. “Analisis Loyalitas Pelanggan : Studi Empiris Terhadap Produk Im3 Indosat Pada Mahasiswa Feuki.” Jurnal Fundamental Manajement 9816(1): 32–43.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
———. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. 2012. SPSS Untuk Paramedis. Yogyakarta: Gava Media. Sunyoto, Danang. 2011. Praktik SPSS Untuk Kasus: Dilengkapi Contoh
Penelitian Bidang Ekonomi. Yogyakarta: Nuha Medika.
Tim Prima Pena. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Terbaru. Surabaya: Gitamedia Press.
Utami, Inten Surya. 2015. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 4(7): 252117.
Wardhana, Aditya. 2015. “Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking (M- Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah di Indonesia.” Jurnal manajemen 10(2): 273–84.
Wibowo, Agung Edy. 2012. Aplikasi Praktis SPSS Dalam Penelitian.
Yogyakarta: Gava Media.
Yaqin, Ainul, dan Aniek Maschudah Ilfitriah. 2014. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Pengguna E- Banking Di Surabaya.” Journal of Business and Banking 4(2): 245–60.
Yuniarti, Vinna Sri. 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.