OPTIMALISASI MANAJEMEN STRATEGI BUMDES UNTUK MEWUJUDKAN PRODUK UNGGULAN KAWASAN PERDESAAN DESA BANJAREJO KABUPATEN BOJONEGORO

Authors

  • Sariyanto Edi Wibowo Universitas Wijaya Kusuma
  • Santo Adi Prakoso Universitas Wijaya Kusuma

Keywords:

Manajemen Strategi, Produk Unggulan, SWOT, BUMDES, Keunggulan Pemasaran

Abstract

Pembangunan desa dapat dijadikan kekuatan pembangunan tingkat nasional. Hal ini dapat terwujud apabila desa mampu melaksanakan pembangunan secara mandiri, sehingga kesejahteraan masyarakat desa dapat terlaksana dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah menetapkan produk unggulan desa Banjarejo dan menetapkan manajemen strategi badan usaha milik desa dalam mewujudkan produk unggulan kawasan perdesaan di Desa Banjarejo. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan survey, wawancara serta pelatihan mengenai manajemen bisnis yaitu memanfaatkan peluang potensi yang dimiliki. Dalam mewujudkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode AHP dan Analisis SWOT. Hasil penelitian ini yang menjadi produk unggulan di desa Banjarejo adalah produk peci berdasarkan identifikasi peluang dan kekuatan dengan skor 2,62 lebih besar dibandingkan ancaman dan kelemahannya dengan skor 2,38. Analisis internal eksternal, menujukkan badan usaha milik desa di Desa Banjarejo berada pada kuadran V yaitu strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Program yang dapat dilakukan antara lain, meningkatkan pemasaran di daerah wisata dan komunitas daerah sekitar, promosi visual melalui video, melakukan pemasaran melalui media sosial, membuat variasi produk, bermitra dengan pengrajin aksesoris khas sunda dan menjalin dengan masyarakat sekitar membentuk kemitraan.

Author Biographies

Sariyanto Edi Wibowo, Universitas Wijaya Kusuma

Pembangunan desa dapat dijadikan kekuatan pembangunan tingkat nasional. Hal ini dapat terwujud apabila desa mampu melaksanakan pembangunan secara mandiri, sehingga kesejahteraan masyarakat desa dapat terlaksana dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah menetapkan produk unggulan desa Banjarejo dan menetapkan manajemen strategi badan usaha milik desa dalam mewujudkan produk unggulan kawasan perdesaan di Desa Banjarejo. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan survey, wawancara serta pelatihan mengenai manajemen bisnis yaitu memanfaatkan peluang potensi yang dimiliki. Dalam mewujudkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode AHP dan Analisis SWOT. Hasil penelitian ini yang menjadi produk unggulan di desa Banjarejo adalah produk peci berdasarkan identifikasi peluang dan kekuatan dengan skor 2,62 lebih besar dibandingkan ancaman dan kelemahannya dengan skor 2,38. Analisis internal eksternal, menujukkan badan usaha milik desa di Desa Banjarejo berada pada kuadran V yaitu strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Program yang dapat dilakukan antara lain, meningkatkan pemasaran di daerah wisata dan komunitas daerah sekitar, promosi visual melalui video, melakukan pemasaran melalui media sosial, membuat variasi produk, bermitra dengan pengrajin aksesoris khas sunda dan menjalin dengan masyarakat sekitar membentuk kemitraan.

Santo Adi Prakoso, Universitas Wijaya Kusuma

Pembangunan desa dapat dijadikan kekuatan pembangunan tingkat nasional. Hal ini dapat terwujud apabila desa mampu melaksanakan pembangunan secara mandiri, sehingga kesejahteraan masyarakat desa dapat terlaksana dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah menetapkan produk unggulan desa Banjarejo dan menetapkan manajemen strategi badan usaha milik desa dalam mewujudkan produk unggulan kawasan perdesaan di Desa Banjarejo. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan survey, wawancara serta pelatihan mengenai manajemen bisnis yaitu memanfaatkan peluang potensi yang dimiliki. Dalam mewujudkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode AHP dan Analisis SWOT. Hasil penelitian ini yang menjadi produk unggulan di desa Banjarejo adalah produk peci berdasarkan identifikasi peluang dan kekuatan dengan skor 2,62 lebih besar dibandingkan ancaman dan kelemahannya dengan skor 2,38. Analisis internal eksternal, menujukkan badan usaha milik desa di Desa Banjarejo berada pada kuadran V yaitu strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Program yang dapat dilakukan antara lain, meningkatkan pemasaran di daerah wisata dan komunitas daerah sekitar, promosi visual melalui video, melakukan pemasaran melalui media sosial, membuat variasi produk, bermitra dengan pengrajin aksesoris khas sunda dan menjalin dengan masyarakat sekitar membentuk kemitraan.

References

Anom, L., & Safii, A. A. (2022). Enhancing MSME Performance through Market Sensing Capability, Innovation Capability, and Iconic Ethnic Product Development. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(1), 1-10.

Anom, L., & Safii, A. A. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan dan Revisit Intention Pengunjung Wisata Alam di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi, 14(2), 144-151.

Asvi, Z. (2017). Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Bina Usaha Desa Kepenuhan Barat Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Jom Fisip, 4(2), 1–15.

Chuzaimah, & Mabruroh. (2008). Identifikasi Produk Unggulan Berbasis Ekonomi Lokal Untuk Meningkatkan PAD Di Era Otda. Seminar Nasional Aplikasi Sains Dan Teknologi 2008 - IST AKPRIND Yogyakarta, 28–36.

David, Fred, R. 2009. Manajemen Strategis, Konsep. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. Hidayah, I. (2010). Analisis Prioritas Komoditas Unggulan Perkebunan Daerah Kabupaten Buru. Agrika, 4(1), 1–8.

Hidayatin, D. A., Sari, R. P., & Sari, N. (2022). Analisis Kesehatan Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 10(3), 55-67.

Hidayatin, D., Prasaja, M., & Anom, L. (2022). Strategi Penguatan Usaha BUMDesa Melalui Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 7(2), 137-150

Hunger, J David & Thomas L. Wheelen. 2007. Strategic Management 5th ed. (Julianto Agung S. SE., S. Kom penerjemah). Andi: Yogyakarta

Keputusan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor 83 tahun 2017 tentang penetapan pedoman umum program inovasi desa.

Laraswati, A., Kagungan, D., & Sumanjoyo, S. (2020). Efektivitas Program Prukades (Produk Unggulan Kawasan Perdesaan) di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Administrativa, 2(1), 63–73.

Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

Pradigda, E. A. (2016). Strategi Perencanaan Pembangunan Industri Berbasis Produk Unggulan Daerah, Studi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar. Jurnal Paradigma, 5(3), 112–131.

Rahardjo dan Ludigdo. 2006. BUMDes sebagai institusi Komersil, tetap memperhatikan efesiensi serta efektifitas dalam kegiatan sektor rill dan lembaga keuangan (berlaku sebagai LKM). Malang Fakultas Administrasi Publik.

Ramadana, C. B., Ribawanto, H., & Suwondo. (2013). Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sebagai Penguatan Ekonomi Desa. Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1068– 1076.

Safii, A. A., & Anom, L. (2021). Peran Moderasi Financial Access Pada Pengaruh Human Capital Dan Social Capital Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi, 14(1), 36-49.

Safii, A., Rahayu, S., & Anom, L. (2022). Marketing Assistance and Herbal Products Market Expansion of Paguyuban Jamu Gendong Desa Ngablak. Empowerment Society, 5(1), 22-27.

Safii, A. A., & Rahayu, S. (2021). Human Capital and Social Capital as Determining Factors of The Msmes Surviving Ability. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 5(1), 1-19.

Sandriana, Niskha. 2014. Perencanaan Pengembangan Produk Unggulan Daerah Berbasis Klaster, Studi pada Sentra IKM Kota Malang. Universitas Brawijaya.

Tarigan, Robinson. 2014. Ekonomi Regional, Teori dan Aplikasi, Edisi Revisi Cetakan Ketujuh.

Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Taufiqurochman. 2016. Manajemen Stratejik. Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama. Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Umar H. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Garfindo.

Yudiardi, Dodi. 2015. Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam meningkatkan prekonomian masyarakat perdesaan kabupaten Garut. 9th International Conference on Malaysia-Indonesia Relations (PAHMI 9). Yogyakarta.

Yustika, AE. 2017. Pengembangan Kawasan Perdesaan Berbasis Produk Unggulan. Jakarta: Direktorat Pembangunan Kawasan Perdesaan

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Sariyanto Edi Wibowo, & Prakoso, S. A. . (2022). OPTIMALISASI MANAJEMEN STRATEGI BUMDES UNTUK MEWUJUDKAN PRODUK UNGGULAN KAWASAN PERDESAAN DESA BANJAREJO KABUPATEN BOJONEGORO. JEMB - Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(2), 138–154. Retrieved from https://jurnalilmiah.stiekia.ac.id/index.php/JEMB/article/view/54